Buku: Belajar dan Berbagi

14.58 Awaldi Rahman 46 Comments



Durasi Baca: 3-3 Menit
Jikalau saya ditanya tentang hal apa yang ingin terus saya lakukan selama hidup saya selain beribadah, maka dengan lantang saya akan menjawab belajar (membaca) dan berbagi (menulis). Ya, saya ingin terus belajar, belajar, dan belajar lagi. Pernah dalam sebuah buku saya mendapatkan petikan kata bijak, “More you read more you know, more you read more you don’t know.” Saya rasa statement tersebut benar adanya. Sense of curious yang timbul dari suatu pengetahuan dapat memberikan semangat bahkan motivasi untuk mengembangkan diri dan merangkak menjauhi era kebodohan.
Lalu benda apa yang sekiranya bisa menggambarkan seorang penulis? Menurut saya adalah buku. Memang, belajar itu tak harus selamanya terpaut dengan buku sebagai salah satu sumber ilmu. Tanpa disadari, alam dengan sendirinya bisa juga mengajarkan banyak hal seperti bagaimana sebuah apel bisa jatuh ke bawah dari pohonnya, bagaimana bumi bisa berputar pada porosnya lalu memberikan zona waktu siang dan malamnya. Tetapi, bukankah mungkin bagi seorang penulis menyerap ilmunya atau banyak informasi dari sebuah buku dan apabila ia tuangkan kembali dalam bentuk tulisan memungkinkan akan menjadi sebuah buku yang baru. Mungkin saja, bukan?
Kurang lengkap rasanya apabila menulis itu tidak dikaitkan dengan membaca. Jika membaca adalah sebuah bentuk ruang imajinasi yang dibagikan oleh para penulis kepada kita, maka menulis adalah bentuk ruang arsip gagasan untuk dibagikan –meskipun tidak selalu. Saya pun suka menulis karena mendapatkan begitu banyak pengalaman imajinatif (pengalaman yang tentu sebelumnya belum pernah saya rasakan) dari buku-buku yang saya baca. Sedari dulu, saya suka menulis karena banyak buku yang menghadirkan inspirasi dalam keseharian hidup saya. Karena lewat buku, sebuah tulisan bisa saja menjadi sarana pembelajaran efektif dan mampu membawa perubahan bagi siapapun yang membacanya. Singkatnya, buku adalah salah satu media efektif guna belajar dan berbagi. Life is too useless to spend without learn and share. So, let’s read and write down your imagination! J

“Tulisan ini saya buat biar dapat kaos gratis dari salahtulis.com
#sedekahkaos #salahtulisdotcom

46 komentar:

  1. pake ada bahasa inggrisnya nikin lama gak tau artine.
    bener juga harus belajar, belajar, belajar.. berbagi dan berbagi. ah bagus artikele.

    sukses diw moga dapet kaos nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk bang belajar bahasa bareng hehe.
      Aamiin. Terima kasih loh, Mas.

      Hapus
  2. Soal membaca gue lebih seneng baca artikel2/ buku2 novel daripada buku tentang pengetahuan umum atau buku pelajaran gitu, hmm aneh ..
    Tapi salut sama dikau (dikau?) mas di, buat kemauan ente atas minat membaca ..

    Semoga beruntung dengan GA nya mas .. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya, hal tersebut lumrah adanya kok, Bang. Memang setiap orang psati memiliki genre buku kesukaannya masing-masing. Terkadang, saya pun merasakan hal yang sama sih, meskipun tidak selalu begitu.

      Thank you loh, Bang Azka!

      Hapus
  3. mw nanya sob
    buku apa yg udah pernah sobat baca dari mulai tk sampai sekrang? terus udah berapa huruf yg udah sobat tulis? nanya loh sob g ngajak ribut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terbilang cukup banyak bang nik keduanya. Hal terpenting sih kuantitas berapa banyaknya tersebut harus bisa diseimbangi dengan peningkatan sisi kualitas juga.

      Hapus
  4. wah ikutan GA salahtulis ya :D. semoga sukses dan menang dan tentu saja beruntung (soalnya hadiahnya cuma satu sih).

    yap, menulis memang nggak bisa dihindarkan keterkaitannya dengan aktivitas membaca. kamu menulis bisa juga dikatakan membaca lingkungan sekitar lho. IMHO aja sih hehe. lagipula saya bisa (sedikit - sedikit) menulis, walaupun nggak bagus juga awalnya dari aktivitas banyak - banyak baca hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, iya mas dengan banyak-banyak membaca pun tanpa disadari akan mempengaruhi gaya penulisan kita nantinya. Jadi, membaca sekalian belajar juga toh, belajar ilmu dari buku tersebut sama belajar gaya penulisan si penulisnya.

      Aamiin. Terima kasih ya, Mas Okky :)

      Hapus
  5. Tulisannya bagus banget, saya suka tema membaca dan menulis kayak gini :D

    Sense of curious dimiliki oleh setiap orang dimulai dari masa kanak-kanaknya. Sayang, semakin dewasa, banyak faktor yang melunturkan sense of curious itu. Jadilah ngga semua orang tertarik untuk terus belajar, belajar dan belajar.

    Menulis itu emang identik dengan membaca, sangat setuju. Semua orang pasti pernah membaca, apapun itu bentuk medianya. Dari membaca, kita tahu kosakata. Dari situ, proses menulis pun bisa terbentuk. Saya juga suka menulis awalnya dari baca buku. Khusus untuk novel, dulu kadang saya suka nulis ending cerita versi saya dari novel yang udah dibaca (haha, aneh ya? Untungnya kebiasaan itu udah ilang sekarang :p).

    Sukses buat GA-nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa terlihat bagaimana seorang anak kecil itu mempelajari suatu hal yang baru ya, Mas. Ketika kecil mereka tak mengenal kata putus asa dan selalu mencoba terus-menerus. Tapi, seiringnya umur bertambah hal tersebut luntur begitu saja. Rapuh. Mudah menyerah. Patah semangat. Semoga masih bisa dibangkitkan kembali.

      Tentu menulis itu berkolerasi dengan membaca, Mas. Secara tidak sadar, lewat aktifitas membacalah kita melakukan perjalanan ke dimensi dimensi imajinasi kita. Dari sana kita belajar banyak.
      Menurut saya, itu kebiasaan yang unik loh, Mas. Karena imajinasi itu tak ada batasnya jadi ya gak ada yang salah juga sih membuat ending novel versi sendiri. Kenapa tidak dilanjutkan? Hahaha.

      Aamiin. Danke, Mas Bayu :D

      Hapus
  6. Intinya sih, belajar emang gak melulu soal buku, tapiiiiii buku itu penting karna dari yang engga tau dan sampe praktekin ke lapangan selain kita butuh sama ahlinya kita juga butuh buku buat ngebimbing kita..

    Semoga dapet kaos gratis ya~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, buku itu bisa juga berfungsi sebagai guidebook ya, Kak.

      Duh, semoga semoga semoga. Aamiin. #MenanginAkuKakak

      Hapus
  7. Aku menganggap buku adalah hiburan sekaligus membosankan. Hiburan dari kebosanan dan bosan dari buku-buku itu sendiri, maksudnya lelah membaca. Biasanya aku kalau sudah bosan akan tetap akan cari buku yang porsi gambarnya lebih banyak ketimbang tulisannya. :) Sama saja, tetap membaca buku kan? Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saja kok, Mbak :)
      Memang terkadang buku yang banyak berbau visualnya itu lebih menarik untuk dibaca ya.

      Hapus
  8. Mata ini selalu berbinar membaca postingan yg temanya tentang buku,pena,apalagi penulis... krn saya ingin jd bagian dari semua itu.

    Yup sepakat dgn buah pikir mas awaldi.... karena membaca adalah bensinnya para penulis,jika bensinnya ngk ada maka penulis tak akan bisa melakukan perjalanan karena ngk punya perbrndaharaan kata..
    Alhamdulillah saya mewajibkan sebulan mesti baca 4 buku dgn brbgai genre

    Semoga GAnya sukses yak
    Keep writing mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti bisa dicoba kok, Mbak.

      Setuju mbak. Lewat membaca itu ya secara gak langsung kita menambah banyak kosakata baru buat perbendaharaan kita dalam menulis ke depannya tentunya.
      Wah, target yang bisa dibilang luar biasa itu mbak. Berarti dalam kurun satu tahun kurang lebih bisa 50 buku telah dibaca tuntas ya.

      Aamiin. Terima kasih ya, Mbak.

      Hapus
  9. wah suka nih bagian membaca adalah ruang imajinasi, ruang imajinasi apa yang di tulis penulis dan apa yang kita bayangkan seringkali berbeda, namun penulis yang baik hat=rus bisa nyetirnya. hehe

    emang membaca tanpa menulis seperti ga seimbang, makanya harus nyoba nulis juga biar seru. Eh semoga GA nya sukses, ntar makan-makan ya.

    Salam kenal
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, Mas. Tersirat bahwa seorang penulis itu ya yang bisa mengendalikan kemudi dari isi tulisan tersebut ya :)

      Tentu, belajar dan berbagi membuat keduanya terasa lebih seimbang.
      Aamiin. Thank you, Mas. Salam kenal juga loh hehehe.

      Hapus
  10. “More you read more you know, more you read more you don’t know.”]

    Aku setuju banget sama quotes ini, semakin banyak baca memang semakin banyak tau. Tapi pas udah tau hal baru, ternyata kita belum terlalu tahu hal baru ini. Gitu kan ?
    sip sip.

    Aku dulu juga ngerasa gini, pas belajar bahasa inggris. Terus ikut club debat. Rasanya udah jago jago aja, eh pas ikut debat berasa paling bodoh hahaha. Kurang baca informasi, jadi kurang wawasannya. Tapi dari situ aku jadi termotivasi.

    Btw sukses ya give awaynya semoga menang ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang aku tangkap dari quotes itu sih. Semakin banyak kita membaca tentu kita akan semakin banyak tahu kak. Tapi, semakin banyak kita membaca, semakin banyak kita merasa bahwa ilmu yang kita punya itu sedikit :(

      Nah aku juga seringkali merasakan hal yang sama dalam sebuah acara peminatan. Duh emang harus rajin rajin baca berarti ya, Kak.

      Aamiin. Terima kasih ya, Kak Laili :)

      Hapus
  11. Wah bener mas. Menulis nggak lengkap tanpa dikaitkan dgn membaca. Setuju banget dengan pernyataan bahwa menulis adalah ruang arsip gagasan untuk dibagikan.
    Keren ih tulisannya :))

    Semoga menang dan dapat baju ya mas :))
    Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh, jangan dipanggil mas dong jadi berasa lebih tua haha :")

      Yap, begitulah saya merasakan makna dari sebuah tulisan.

      Aamiin. Terima kasih ya! :D

      Hapus
  12. Bener nih, penulis belum gregert kalo gak suka baca. Pokoknya apapun bacaanya minum nya teh gelas Zegarr.
    Gudlak, semoga dapet kaos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar greget, baca buku dulu dong. #alapakogah
      Aamiin. Thanks, Dibah!

      Hapus
  13. terus belajar, belajar, belajar dan berbagi.
    Penulis harus terus mengasah and menambah bahan bacaan. Sukses menulis.!

    Klo dapet kaos. Kaosnya untuk gue ya.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejatinya, sebagai seorang penulis ya memang seharusnya begitu, Mas.
      Salam sukses!

      Iya, fotonya aja ya mas hehehe.

      Hapus
  14. Harus banyak membaca nih, karena perintah pertama dalam kitab suci aja disuruh membaca. Tapi membaca tanpa menulis rasanya sia-sia aja gitu ya. Cuma disini menulis gak terbatas sama nulis di kertas doang kan, kegiatan ngetik di komputer juga termasuk kegiatan menulis?

    Semoga sukses GAnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, wahyu pertama yang diturunkan itu, Mas.
      Tentu termasuk dong, menulis tidak kaku hanya dalam konteks di kertas aja kok menurutku, di media elektronik juga bisa termasuk sih.

      Aamiin. Thanks ya!

      Hapus
  15. Minta sarannya mas buat menghadapi Writer's block gimana ya? :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pergi keluar rumah. Jauhkan dirimu sementara dari dunia tulis menulis. Ambil nafas. Refreshing. Cari suasana yang bisa membuatmu lebih tenang.

      Lalu, setelah itu merenung kembali tekadmu dalam menulis. Dekaplah lagi alat alat tulismu, ulai tuliskan apa yang kamu dapat dari hasil kontemplasi sesaatmu itu, Yas :)

      Hapus
  16. Dulu, aku dan buku itu seperti soulmate. Sekarang soulmatenya ganti hape dan laptop, buat kerja. :D

    Belajar gak cuma dari buku, juga dari internet. Sekarang kebanyakan ngedit naskah dan ngeblog. Gak ada waktu buat baca buku. Yang iya malah baca blog. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lewat laptop dan hape kini juga bisa dimanfaatkan untuk perihal menulis juga kan, Mbak :)

      Toh dengan blogwalking pun banyak ilmu yang bisa didapat juga kan ya, Mbak. Meskipun tulisan itu berbau romantisme anak muda atau sebatas komedi, tentu masih ada pelajaran yang bisa diambil, bukan? Hehe :D

      Hapus
  17. Bner mas... Kalo nulis terus tapi gak banyak baca.. Ya kemampuan kita nulis bakalan disitu-situ aja.

    Dari membaca, kemampuan menulis kita pun akan berkembang. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. So, membaca untuk kemampuan menulis yang lebih berkembang lagi. Bukan begitu, Mas? :D

      Hapus
  18. bang mu tanya yang harus dimiliki selain jago berbahasa dalam menulis seprti abang hal yang harus dimiliki penulis pada umunya itu apa sih? soalnya tertarik saya :) hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, saya juga masih terus menerus mencoba belajar kok, Mas.
      Lebih ke arah banyak-banyak membaca aja sih menurutku hehehe.

      Hapus
  19. Kata Stephen King,

    If you want to be a writer, you must do two things above all; Read a lot and write a lot

    Jadi teman terbaik baca itu adalah menulis, begitupun sebaliknya. Membaca dan Menulis memiliki korelasi yang sangat penting. Pengen jadi penulis? Yaa sering aja baca ;)

    Gudlack GA nya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, tentu saya juga mengenal sekali quotes tersebut. Sudah tercatat dalam notes saya semenjak dua tahun yang lalu bang hehehe.

      Setuju. Korelasi keduanya menjadikan hasil itu akan semakin ada maknanya. Terasa akan kehadirannya.

      Aamiin. Terima kasih loh, Mas :))

      Hapus
  20. membaca buku perlu untuk seorang penulis , sebagai sarana belajar dan membuka wawasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah mengapa judul tulisan ini belajar dan berbagi. Wawasan kita kalau tidak dibagikan seperti ada yang kurang rasanya hidup tuh hehe :)

      Hapus
  21. yaps.. membaca itu penting!
    "untuk menjadi penulis yang handal, tidak dengan banyak menulis, melainkan banyak membaca"
    karena membaca menambah wawasan, perbendaharaan kata, bahkan membawa kita keliling duniaa:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju ca. Karena dengan membaca itu secara gak langsung mengajak kita mengelilingi dunia. Seru ya :D

      Hapus
  22. membaca untuk belajar, dan belajar untuk beribadah, salam blogger gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu belajar itu terdapat nilai ibadah sebagai nilai plusnya hehe. Salam :))

      Hapus
  23. menulis identik dengan kertas , kertas itu bisa didapat dari buku...sipppp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang terbayang oleh saya itu mencabut bagian tengah dari buku tulis loh, Mbak Nit haha :D

      Hapus