5 Kado Novel Harapan

19.37 Awaldi Rahman 41 Comments



Durasi Baca: 5-5 Menit
Tahun demi tahun silih berganti, begitu juga dengan bergantinya usia kita. Selalu bertambah tiap tahunnya. Begitulah sejatinya manusia, pertumbuhan dan perkembangan pasti akan atau sudah kita alami. Dulunya masih merangkak, sekarang sudah bisa berdiri meski tertatih-tatih. Dulu beratnya 10 kilo, sekarang subur jadi 80 kilo berat badannya. Dulu masih balita, eh sekarang sudah kepala dua aja usianya. Tentu kita pernah mengalami hal serupa, bukan?
Pernah berulang tahun kah kamu? Tentu pernah dong ya. Omong-omong soal ulang tahun nih, hei sekarang H-19 menuju ultah saya yang ke-19 loh, cihuy! Kamu enggak mau ucapin selamat atau apa gitu? Eh, belum hari ulang tahunnya juga kan ya hehehe. Duh, jadi semakin enggak sabar menanti datangnya hari tersebut.
Nah, dalam rangka memperingati dirgahayu ke-19 saya yang sebentar lagi ini, maka terbesitlah sebuah ide untuk membuat sebuah postingan berjudul “5 Kado Novel Harapan” Niatnya sih sekalian kode gitu, uhuk. Lalu, novel apa saja yang masuk ke dalam daftar keinginan saya? Yuk, mari dilanjut!

1.    Novel Ayat-Ayat Cinta 2
 
Ayat-Ayat Cinta 2
Novel pertama yang berada dalam daftar keinginan saya adalah Ayat-Ayat Cinta 2 karya Habiburrahman El Shirazy atau lebih akrab disapa Kang Abik. Mengapa? Entahlah, Novel Ayat-Ayat Cinta yang pertama sendiri saya belum membaca, tetapi langsung nonton filmnya waktu itu. Efek penasaran akan novel yang kedua ini, timbul karena saya pernah membaca salah satu novel Kang Abik yang berjudul “ Bumi Cinta” Sempurna sekali saya dibuat jatuh cinta akan jalan cerita novel yang berlatarkan Rusia ini. Uraian visualisasi yang bagus, alur yang menarik, dan sesekali Kang Abik menyisipkan unsur sejarah. Lumayan, berguna sekali untuk memperluas wawasan.
  Belum selesai sampai di situ, saya pun menyempatkan waktu untuk mencari sinopsis akan novel ini di mesin pencarian internet. Kesan pertama yang terlintas setelah membaca sinopsisnya, ceritanya akan semakin menarik sepertinya, menghadirkan konflik yang bisa dikatakan cukup rumit, dan kali ini Kang Abik mencoba mengambil latar Inggris setelah Mesir pada novel Ayat-Ayat Cinta 1. Mau novel ini satu, boleh ya? Hehe.

2.    Novel Bumi
 
Bumi
Dalam antrean kedua ada Bumi karya Bang Darwis alias Tere Liye. Memang, buku ini sudah diterbitkan sekitar akhir Januari 2014, cukup lama ya. Meski demikian, sampai sekarang ini saya belum berkesempatan untuk sekadar meminjam baca atau membelinya. Duh, saya merasa jadi fans gagalnya Tere Liye nih hehe. Oke ini lebay.
Novel Bumi ini menarik perhatian saya ketika sinopsisnya usai terbaca. Dalam hati saya berkata, “Wow, kali ini Tere Liye memilih novel bergenre fantasi!” Sebenarnya, sebagian dari novel ini pernah saya baca dari blognya Tere Liye, tetapi di sana hanya beberapa bagian saja yang berhasil terpostingkan. Rasanya membaca sebuah cerita tapi hanya sebagian saja itu, duh seperti korban yang digantungkan atas nama cinta deh. Jadi, novelnya dua aja deh ya?

3.    Novel Pulang
 
Pulang
Selanjutnya ada Pulang yang masih merupakan novel karya Tere Liye juga. Semenjak novel Bumi keluar, saya banyak kelewatan novel-novel hasil buah pikir Tere Liye ini. Cukup menyedihkan memang hiks. Karena Tere Liye ini salah satu penulis lokal favorit saya. Maka dari itu ini salah satu bagian dari upaya untuk mencicil bukunya satu per satu lagi hehe.
Lewat goodreads, saya membaca beberapa ulasan mengenai novel ini. Ulasan-ulasan yang ada berhasil membuat rasa penasaran saya akan buku ini bertambah! Bagaimana bisa novel ini disangkutpautkan dengan dwilogi Negeri Para Bedebah dan Negeri Di Ujung Tanduk? Bagaimana dengan jalan ceritanya yang maju mundur? Bagaimana dengan ending dari novel ini?
Duh, Allah itu suka yang ganjil, bukan? Tiga novel deh ya? Please ;)

4.    Novel Hujan
 
Hujan
Novel dari Tere Liye yang terakhir dan ingin sekali menjadikannya salah satu koleksi di ‘Pojok Buku’ saya adalah Hujan. Tepat bersamaan saya menulis tulisan ini dan tepat pada bagian novel Hujan, kota Bandung –Tepatnya daerah Dayeuhkolot–  sedang berselimutkan rintik-rintik hujan. Suasana yang cukup syahdu untuk menyelesaikan sebuah tulisan, bukan?
Adanya novel Hujan ini sendiri, saya ketahui setelah membaca review dari blognya Dibah. Bagi yang penasaran boleh klik di sini. Lewat blognya Dibah, saya jadi tahu akan beberapa hal bocoran isi dari novel ini. Masih sama Tere Liye menggunakan alur maju mundur. Pada novel ini juga banyak sekali ditemukan kalimat-kalimat yang berbau quotes. At least, novel ini mungkin bercerita tentang ilmu pengetahuan, kemanusiaan, hinggan cinta.
Ohiya, sebenarnya masih ada satu novel Tere Liye yang tidak saya masukan dalam daftar ini, yaitu Bulan. Mungkin bisa di keep dulu novel satu ini untuk sementara waktu.
Yah, rasanya kurang lengkap nih kalau novel Tere Liye yang satu ini tidak ikut kebaca. Empat aja gimana? *Nego*

5.    Novel Aku, Benci, & Cinta
 
Aku, Benci, & Cinta
Novel terakhir yang masuk ke dalam daftar keinginan saya adalah Aku, Benci, & Cinta karya Wulanfadi. Novel ini saya temukan sekitar Januari lalu di toko buku favorit saya. Hanya dengan membaca sinopsisnya saja, rasaya seakan saya berhasil dibujuk untuk menjadikannya salah satu koleksi buku bacaan. Hal menarik lainnya adalah novel ini terlahir dari platform menulis Wattpad dan telah dibaca sebanyak 2,4 juta kali.
Tambah satu lagi boleh dong ya? Jadinya lima deh hihi.

Itu dia lima novel yang akhir-akhir ini selain mengganggu pikiran saya, juga membuat keadaan dompet semakin dilema. Beli atau enggak ya. Karena berbarengan dengan keinginan membeli atau tidaknya, akan banyak kegiatan di bulan ini yang cukup menguras keuangan saya. Jadi, bolehlah berharap buku-buku tersebut dijadikan sebagai kado hehe. Saya yakin masih banyak kok orang baik di muka bumi ini hahaha. Da saya mah dikasih kado novel saja sudah senang, apalagi dikasih sayang. Eh.

Kalau kamu, novel atau buku apa saja yang masuk ke dalam daftar keinginanmu saat ini? Yuk sharing :)

41 komentar:

  1. hah 19 tahun? 91 tahun kali
    hahaha
    kalo buku keinginan saya itu buku yg berisi terbitan karya2 sendiri
    tapi susah nyarinya
    lantaran belum terbit bang

    BalasHapus
  2. yg pernah baca cuma novel ayat-ayat cinta aja. yg lain blum pernah. tp jadi pengen jg...heheheh...

    smoga tercapai harapannya ya...

    BalasHapus
  3. 19 tahun? serius? Semoga aja kodenya sampai ya, jadi ada yang kirim kelima novel itu :) Aku juga pingin kali ayat-ayat cinta 2, pulang sama hujan :D

    BalasHapus
  4. Bukan orang yang termasuk senang membaca dan mengkoleksi novel, suka menulis tapi tidak suka membaca. Lebih suka membaca notifikasi dari pelanggan sih sebenernya hahaha (becanda ding)

    Mau usia ke 19 nih, semoga apa yang di cita-citakan tercapai ya makin dewasa ya dek, uhuk xD

    BalasHapus
  5. Haaaaa 19 tahun serius??? Bhangke kurain udah 41. Nvel hujannya tere liye, keren tuh. Belum baca sih, tapi covernya bagus, harusnya isinya juga bagus

    BalasHapus
  6. wuiih ulang tahun yang ke 19 met ulang tahun ya, gak papa langsung ngucapin. masih muda ya? baru mau 19 sama lah kayak aku.. hehee..

    moga harapanya tercapai.
    dapet semua novelnya.
    kalo ayat ayat cinta aku juga nonton filmnya dulu, baca novelnya belum.

    BalasHapus
  7. Novel Ayat-Ayat Cinta 2...
    Yang Novel Ayat-Ayat Cinta 1 aja gue blom pernah baca Mas...
    #Miris

    BalasHapus
  8. Tere liye cuma udah baca yang hujan, itupun pinjem.
    Antara factor nggak suka novel yang terlalu serius gitu sih. Hahahah...

    Novel yang gue pingin, udah kasih aja gue novel berbau fiksi dan komedi. Gue suka novel gituan tuh hehehe

    BalasHapus
  9. Habede bang semoga panjang umur sehat selalu dimurahkan rezeqy nya amiin. Takut ntar lupa jadi sekarang aja ngucapinny hihi
    Beeeh kodenya ngeri banget bang kwkwk mau sdrk beliin bang?sini uangnya hoho

    BalasHapus
  10. Tere liye, dari dulu penasaran sama karyanya, penasaran nget bang diw ..
    Yaudah ndang beli bukunya, terus dibaca.. abis itu ngadain GA, hadiahnya buku itu, gue ikut, dan moga2 menang .. Muahahahahaha

    Cie yang 19 hari lagi 19 taunnnnn ...
    Fix harus ngadain GA, sekalian syukuran domain baru .. muehehe

    BalasHapus
  11. saya juga pengen novel tere liye yang Hujan itu, huaaaa
    mau beli tapi kantong masih nipis :D
    semoga di hari ulang tahun kakak nanti, ada yg ngasih 5 novel itu yak, amiinnnnnnn :v

    BalasHapus
  12. Gak ada buku yang lagi dipengenin. Karena gak ada duit :(

    Sebenernya pengen banget baca terjemahan buku Haruki Murakami. Jujur aja, baru baca sedikit yang Norwegian Wood, tapi udah jatuh cinta. Coba aja gue bisa bahasa Inggris :(

    Novel Tere Liye juga menarik. Sering banget gue nge-like statusnya di fan page pribadinya. Ehehe

    Semoga ada yang berbaik hati ngasih kelima buku itu. Kalo bisa semuanyaa. Aamiin

    BalasHapus
  13. ah kalau ngomongin novel, gue pengen banget punya novelnya sir Arthur sama Pram, semua seri, di. padahal lawas banget, tapi gue belum baca semuanya. ini kalau diterusin bakal curhat nanti -_-

    tapi yang hujan juga gue penasaran, pengen baca, gara-gara dibah nih

    BalasHapus
  14. Buset 3 novel Tereliyeee hahaha. Aku sebenernya penasaran sama buku2nya tapi kalau ke toko buku ujung2nya beli buku pembunuhan -___-

    Tjieee mau ulangtaun tjieee!

    BalasHapus
  15. Jujur, buku yang gue pengenin sekarang adalah buku aja, asal gratis. Hehehe.

    Bdw, 5 novel di atas kayaknya referensi yang keren2~

    BalasHapus
  16. Kok ak belum pernah baca ya semua bukunya,

    Kalo ak tertarik yang ayat-ayat cinta 2 pasti bagus tu, seperti film nya

    Ow ya, selamat yang mau ulang tahun, mudahan harapan kado novel nya terwujud

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. "19" Angka Bagus tuh mas bro....hehehe #angkadewa~5novelsemogasegeraadayg mengirimi

    Semoga semakin Barokah sisa usianya, Sehat Selalu, Sukses Dunia Akhirat, Semakin Indah akhlaq harianya, Semakin Tekun Ibadahnya, Semakin brtambah bnyak rezeki halalnya, Semakin Bagus, Bermutu & produktif karyanya, Barokallhufikum Mas Bro....

    Ya Allah.....
    Jadikanlah setiap detik usia kami dapat memberi manfaat....
    Jadikanlah setiap detik usia kami dapat menambah ketakwaan kepada-Mu.....
    Jauhkanlah dari Usia yang sia-sia yang tidak membawa manfaat dan kebaikan....Aamiin YRA

    BalasHapus
  20. "19" Angka Bagus tuh mas bro....hehehe #angkadewa~5novelsemogasegeraadayg mengirimi

    Semoga semakin Barokah sisa usianya, Sehat Selalu, Sukses Dunia Akhirat, Semakin Indah akhlaq harianya, Semakin Tekun Ibadahnya, Semakin brtambah bnyak rezeki halalnya, Semakin Bagus, Bermutu & produktif karyanya, Barokallhufikum Mas Bro....

    Ya Allah.....
    Jadikanlah setiap detik usia kami dapat memberi manfaat....
    Jadikanlah setiap detik usia kami dapat menambah ketakwaan kepada-Mu.....
    Jauhkanlah dari Usia yang sia-sia yang tidak membawa manfaat dan kebaikan....Aamiin YRA

    BalasHapus
  21. sekalian modus minta di beliin kado kan? hahah kidding :D
    kebetulan dari semua novel itu, novel pulang adalah novel yang sdang saya baca sekarang :D
    mampir2 ya :)

    BalasHapus
  22. btw kebanyakan list novelnya tere liye ya. kalau aku g terlalu suka baca novel sih, hihihi.. kalau mau ngelist pinginnya sih manga, terutama karya-karya CLAMP

    selamat ulang tahun yah, walaupun kecepetan ngucapin yg penting doa yg terbaiklah buatmu

    BalasHapus
  23. Waahh.. Sebagai penggemar karya Tere Liye.. Rupanya ane banyak ketinggalan ya =.= Keknya perlu beli yang PULANG dulu deh karena sangkut ke dwilogi negeri yang udah ane punya hehehe.. Nggak sekalian novel RINDU ny bang? hahaha..

    BalasHapus
  24. Oke, jadi umur lo 19 tahun. Masih usia produktif banget tuh. Semoga terus konsisten menulis ya :)

    Hmm... kelima novel di atas gua belom pernah baca, tapi setelah baca dari blognya Dibah dan sekarang dibahas disini lagi, gua jadi pengen baca novel-novelnya Tere Liye. Kalo gua pribadi, lagi kepengen novel "The Andromeda Strain"-nya Michael Crichton, juga "The Litigators"-nya John Grisham (sebenernya masih banyak lagi sih novel yang dipengenin, ntar malah panjang comment-nya hehe) :p

    BalasHapus
  25. Tulisan ini semakin menguatkan gue untuk beli Hujannya Tere Liye. Pengen ngerasain bumbu penulisan tere liye yang belum pernah gue baca

    BalasHapus
  26. wah, umur kita beda tipis bro berarti. hmm, dari novel diatas, gue cuma tau ayat2 cinta sama pulang. udah sering banget denger tentang novel tere liye yang judulnya pulang itu, tapi belum pernah nyoba buat mencari tau. tapi.. dari animo masyarakat.. kayaknya si tere liye ini emang selalu mantap2 ya novelnya

    BalasHapus
  27. hmm kalau novel sih ane agak males baca kalau nggak bergenre komedi dan sejarah, tapi kayaknya ane tertarik ama novel bumi ama novel hujannya Tere Liye, kalau di liat liat dari covernya lumayan menggoda untuk di baca. beli tida yak ??? beli tida ya ??? mau beli buku tapi takut salaahh *njir malah nyanyi h

    BalasHapus
  28. Selamat milad, ya? ^^

    Kalau aku gak terlalu suka baca novel sekarang. Maunya liat film aja. Apalagi kalo bukunya berat. Bikin males. Xixixi

    BalasHapus
  29. wah mayan juga yak. hahah
    tapi gue sekaraang lg baca yg bulannya tere liye. agak ga nyangka sih, ceritanya tentang fiksi. tpi yah, nikmatin aja. soalnya susah nyari novel di tempat gue. hehe

    wah, gue jd tertarik nih. ngeliat reviewnya dri goodreads yak? mayan, dapet info, hahaha.
    yg karya kang abik, gue masih blom tertarik utk saat ini, tapi ga tau deh kdepannya gmna. soalnya, di novelnya yg kcb itu, gue msih blom nemuin hal yg nyata sih. udh hmpir dua thun d mesir, blom ada tuh yg nanya,
    'Maaf, nama masnya siapa ya?"

    klo udh ada yg nnya gtu, bru mau baca.
    lah
    maksa

    BalasHapus
  30. Aku sih udah punya novel hujan, ini lagi baca,
    btw makasih aku jadi punya list buat beli buku nanti haha.

    Ciye yang bentar lagi dirgahayu, ini kode banget ke siapa btw ?
    Semoga ada yang kirim kado buku buku di atas yaak

    BalasHapus
  31. yang A itu lucuu ya cuma sehuruf
    biasana justru aku penasaran ama novel yang nyleneh gini deh...tapi isinya keren ga yaa

    BalasHapus
  32. AYAT-AYAT CINTA 2 SAYA JUGA MAUUU!!!
    Ayo tanggal 4 maret ke istora senayan ada Bang tere di Islamic Book Fair 2016 :')
    Ku sungguh taks abarr.
    Yana buku ke-2,3,4 dan bulan aku udah baca semua, yang ga punya cuma yang Bumi , waktu itu bacanya minjem. tapi anjirr keren banget pokoknya gak ngerti lagi. ga sabar nunggu yang matahari sama Bintang. :9

    yang Novel Aku, benci dan Cinbta. jadi mupeng. Mau belii~
    Ini kalo aku dikasih makanan semeja sama buku semeja milih buku aja deh semeja. :')

    BalasHapus
  33. Serius bang 19 tahun, tak kira udah 1997 tahun -__-

    Di ulang tahunku yang kemaren juga aku baru dapet kado buku. Pertama kalinya aku dikasih kado buku tuh. Tapi nggak sampe 5 buku. Cuma 2 buku. Satunya baru yang satunya bekas udah dibaca.

    Belum pernah sekalipun baca bukunya Tere Liye. Padahal banyak temen yang rekomendasi buku itu. Tapi masih banyak wishlist yang belum kebeli. Mungkin kapan-kapan bakal nyicipin karya-karya Tere Liye.

    BalasHapus
  34. eciyee yang mau 19 tahun, eehh mudah banget sih abang nih :D masih usia 19.an

    mungkin ini sebagai kode buat yang ngado bang awaldi, buruan beliin bang awaldi buku -buku itu untuk kado ulang tahunnya. pasti seneng banget deh kalo dapet kado buku-buku itu.

    dari semua novel diatas, jujur gue belum baca satu pun, kalo ayat-ayat cinta gue cuma tau dari film ajah yang sukses berat itu. kalo tere liye udah ngak di ragukan lagi, banyak karya-karya yang udah diciptain dan sukses berat dipasaran jadi bagus banget deh novel-novel karya tere liye ini.

    BalasHapus
  35. Bisa pas gitu ya bikin postingan di H-19 sebelum ulang tahun ke 19. Semoga yang mau ngasih kado baca dulu tulisan yang ini biar tau apa kado yang pas.

    Tere Liye emang banyak karyanya yang keren ya, kemarin aja pingin banget nyari bukunya buat dijadiin tugas eh gak ketemu. Padahal udah pingin banget tuh, btw kalau udah dapat bukunya boleh pinjem kan?

    BalasHapus
  36. Lu suka novel Tere Liye bang? moga kodenya dapat deh. hihihi.
    Btw, selamat menanti umur yang ke-19 ya kalau ngga dalah. Moga kodenya dilirik. :)

    BalasHapus
  37. Hahahaha. Asli, novel-novel yang kamu sebutin di atas, semuanya berhasil bikin aku jadi bingung waktu jalan-jalan ke gramed kemaren. Sebenranya, niat aku ke gramed pengen cari novel Hujan-nya Tere Liye. Tapi, stok lagi kosong. Jadinya, malah beli novel "Episode Hujan".

    Semoga ada yang ngerti sama kode yang kamu berikan, Di. Hahahaha.

    BalasHapus
  38. Wahhh.... list nomer 1,2,3, sama 4 ada semua tuh di asrama gue...
    gue pengen baca sih, tapi nggak punya waktu luang *sok sibuk...
    mudah2an semua list di atas akhirnya elo punya deh...

    BalasHapus
  39. H-22 juga nih *ketularan ngode*
    Keras bangetya kodenya. Barteran yuk! Belum kesampean beli dilan huft

    BalasHapus
  40. Lo keren juga. Bru mau brumur 19 bacaannya udah novel berat gitu. Waktu gue seumur lo, paling gue masi bc2 buku gambar.

    Kebnyakan tere liye yah.

    Moga hasrat lo pengen dapetin buku ini cuma cuma cepat terkabul. Syapa tau ada yg peka sama kode lo ini.

    BalasHapus
  41. gilak siyal kodnya keras banget di. emang lo ngde ke sapa sih bokap lo atau gebetan hahaha

    baca semua koleksi buku tere liye itu mungkin bisa hampir jutaan kali yah butuh dnanya. banyak banget dia bikin novel

    BalasHapus